Bela Masyarakat Miskin Ketua LSM GMAS Trenggalek Sambangi RSUD Panggul

Foto : Ketua LSM GMAS DPD Trenggalek, Tirta HMK saat berada di RSUD Panggul

DETIK86.COM TRENGGALEK – Ketua LSM GMAS DPD Trenggalek, Tirta HMK sambangi RSUD Panggul, Kamis (25/4/2024).

Menurut Tirta, hal tersebut dilakukan karena mendapat keluhan masyarakat terkait biaya pelayanan RSUD Panggul.

” Hari ini kita sambangi RSUD Panggul terkait keluhan masyarakat. Kita akan selalu hadir membantu masyarakat,” ujar Tirta.

Masih menurut Tirta, ada 2 warga pemegang Kartu Indonesia Sehat ( KIS) yang baru saja persalinan di RSUD Panggul.
Setelah selesai persalinan dan perawatan akhirnya kedua warga tersebut diperbolehkan pulang. Namun, kedua warga tersebut dibebankan pembiayaan masing- masing hampir Enam Ratus Ribu Rupiah.

” Dengan adanya biaya tersebut kami sangat prihatin. Untuk hal itu kami datang langsung kesini agar kami dapat mendapatkan informasi langsung dari rumah sakit terkait biaya yang dibebankan kepada kedua pasien tersebut,” ungkapnya.

Masih menurut Tirta, masyarakat yang kategori miskin apalagi mempunyai KIS sudah sepatutnya dibebaskan biaya kesehatan, apalagi di rumah sakit milik pemerintah.

Sementara itu, dr.Piranto Triadmojo Barus selaku Direktur melalui Weti ( kepala) Tata Usaha RSUD Panggul membenarkan bahwa ada biaya yang dibebankan. Weti berdalih, biaya tersebut untuk pelayanan perawatan bayi pasien bukan kepada pasien.
Weti menambahkan, beban biaya seperti ini sudah dilakukannya sejak rumah sakit ini berdiri.

” Untuk pasien gratis, tapi untuk bayi tidak,” kata Weti.
Masih kata Weti, untuk pasien ( ibu bayi) tidak dipungut biaya, namun untuk bayi dikenakan biaya karena belum terdaftar dalam BPJS atau KIS.

Terkait hal tersebut, Tirta menanyakan landasan hukum yang digunakan oleh rumah sakit untuk mengambil kebijakan adanya penarikan biaya tersebut.
Namun Weti tidak bisa menjawab dan menyuruh untuk kembali lagi setelah direktur ada ditempat.

Reporter : Langgeng

 

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto? Silakan SMS ke 0852 7423 6663 (mohon dilampirkan data diri Anda) Hubungin kami

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*